Senin, 01 Maret 2010

KELUARGA & SITUASI MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN

Keluarga adalah suatu kumpulan manusia yang diawali dengan relasi atau hubungan antar kedua manusia yang saling berbeda jenis untuk menyatukan diri mereka dalam satu atap, yaitu rumah tangga.
Pada pembahasan kali ini adalah bagaimana keluarga serta situasi dalam mempengaruhi perilaku konsumen sebagai elemen dasar dalam membentuk seseorang atau perilaku konsumen dalam menghadapi sebuah produk.
Keluarga dalam hal ini orang tua sebagai orang yang berpengalaman dan memiliki kekuatan dapat memberikan sebuah influence yang besar kepada keluarganya dalam memepengaruhi anggota keluarganya.
Dimisalkan, Orang tuanya sedari dahulu sudah ditradisikan menggunakan deterjen dengan merek tertentu, karena deterjen tersbut memberikan kualitas yang baik dan tidak pernah mengecewakan bagi mereka meskipun ini belum tentu bagus untuk keluarga yang lainnya, namun kemampuan orang tua sebagai orang yang lebih mengenyam asam garam kehidupan tentu akan dapat dengan mudah melakukan indoktrinasi kepada anaknya untuk melakukan hal yang sama seperti orang tuanya sebagia warisan produk yang nantinya akan digunakan secar turun temurun.
Lalu apakah Indoktrinasi itu ??
Doktrinasi adalah suatu bentuk argument yang dipaksakan untuk mempengaruhi seseorang agar ia dapat berfikir sesuai yang dikehendaki oleh orang yang melakukan doktrin tersebut.
Melakukan doktrin tidak dapat dilakukan oleh semua orang, namun hanya orang-orang yang memiliki kharismatik dan mempunyai kemampuan lah yang dapat mempengaruhi seseorang untuk mengubah peta pasar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar