Senin, 01 Maret 2010

MENENTUKAN HEADLINE NEWS SEBUAH BERITA

Seminar TvOne yang dilakukan pad atanggal 13 Februari 2010 di FISIP UI memberikan banyak sekali manfaat bagi orang yang mengkutinya, banyak hal-hal sistematis dalam menyajikan sebuah berita, mengolahnya dan kemudian disajikan ke pemirsa sebagai Pemakai akhir.

Kami terdepan mengabarkan. Dua tahun nomor satu, itulah tagline serta klaim yang dilakukan oleh TvOne dalam menjalani karier mereka di dunia jurnalistik selama dua tahun.

Dalam menyajikan sebuah berita ada yang dinamakan sebagai proximity, yaitu kedekatan, untuk lebih jelasnya mari kita lihat contonhnya sbeagi berikut.

Sebuah bom meledak di Aghanistan menewaskan 100 Orang sementara sebuah bom di saat yang bersamaan meledak di Jakarta yang hanya menewaskan 10 orang, namun mengapa kejadian bom yang meledak di Jakarta lebih memepunyai gaung yang besar dan menjadi headline news berita di Indonesia, karena di Indonesia kita lebih memiliki kedekatan dengan mereka sehingga muatan sebuah berita tersebut seolah menjadi lebih berbobot di Indonesia dibandingkan dengan berita di luar negri, meskipun belum tentu di luar negri sana berita tersbut menjadi besar.

Takaran-takaran lain dalam menentukan headline news sebuah berita adalah apakah berita tersebut berdampak kepada masyarkat luas atau tidak?? Selain itu juga apakah isu-su berita tersebut memiliki muatan yang bersifat isu nasional atau tidak??

Muatan berita yang itu-itu saja dapat disajikan dalam kurun waktu satu hingga satu setengah bulan, apabila lewat dari waktu tersebut maka muatan berita tersebut dianggap sudah kadaluarsa dan otomatis mesti memikirkan kembali topic berita lainnya untuk diangkat menjadi sebuah berita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar